Minggu, 11 November 2012

Mengenal 7 Layer OSI dan Fungsinya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Mengenal 7 Layer OSI dan Fungsinya ~ Dalam jaringan Komputer dikenal istilah Layer OSI, Layer OSI ini merupakan Sebuah standar komunikasi yang diterapkan dalam Komunikasi Komputer, OSI yang merupakan Kepanjangan dari Open System Interconnection merupakan Kumpulan Layer-layer yang tidak saling bergantung namun saling berkaitan satu sama lain.

Model OSI ini dibentuk karena pada awalnya dimana IBM dan DEC membuat alat Komunikasi yang berbeda sehingga kedua perangkat dari perusahaan yang berbeda ini tidak dapat saling berkomunikasi. Oleh karena itu, OSI dibentuk agar semua perangkat Komunikasi data dapat menerapkan standar penggunaan komunikasi sehinga tidak terjadi diskomunikasi diantara perangkat-perangkat tersebut.

OSI terdiri dari 7 Layer atau 7 Lapisan yang terdiri dari :
  1. Application
  2. Presentation
  3. Session
  4. Transport
  5. Network
  6. Datalink
  7. Physical


Fungsi-Fungsi Layer OSI
Application (layer 7)
layer Application Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.

Presentation (Layer 6)
Layer Presentation adalah layer yang bertanggung jawab dalam memberiksn layanan penyajian format data untuk aplikasi-aplikasi pada layer application agar tidak terjadi pertukaran data yang tidak diinginkan antara aplikasi satu dengan yang lainnya.

Session (Layer 5)
Layer Session Berfungsi dalam menetapkan, mengelola, dan mengakhiri sesi antara dua host berkomunikasi. Layer ini memberikan layanan ke lapisan presentation. hal ini juga mensinkronkan dialog antara lapisan presentasi dua host dan mengelola pertukaran data mereka.

Transport (Layer 4)
Layer transport Berfungsi untuk memecah data kedalampaket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima.

Network (Layer 3)
layer Network Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat Header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer 3

Datalink (Layer2)
Layer Datalink Berfungsi untuk memberikan pengalamatan fisik dalam hal ini berlawanan dengan pengalaman logis, merubah data menjadi frame dan melakukan flow control pada pengiriman data.

Physical (layer 1)
Layer Physical berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitktur jaringan topologi dan pengabelan.

Demikianlah Pembahasan mengenai 7 Layer OSI dan Fungsinya semoga bermanfaat. :)

Create By : Ronny Aziz, 2012

Ditulis Oleh : Ronny Aziz ~ Antik Komputer Blogspot

Christian angkouw Artikel Mengenal 7 Layer OSI dan Fungsinya ini ditulis oleh Ronny Aziz pada hari Minggu, 11 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Mengenal 7 Layer OSI dan Fungsinya dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar