Kamis, 14 Maret 2013

Penemu Blogger.com

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Inilah Dia namanya adalah Evan Williams, lahir di Nebraska pada 31 Maret 1972. Selain sebagai penemu blogger, ternyata dia juga memegang peranan penting dalam proses penciptaan twitter. Perlu Anda ketahui bahwa Ia adalah salah satu penemu Twitter. Bersama Jack Dorsey dan Biz Stone, micro blogging Twitter didirikan. Pada saat itu Evan masih menjabat sebagai eksekutif di Google inc.


Background sebagai anak seorang petani tidak serta merta membuat Ia patah arang dalam perjalanan kariernya. Bayangkan, Ia yang terlahir sebagai anak seorang petani ternyata mampu mengubah dunia. Saya tidak bisa membayangkan jikasaja blogger.com tidak pernah diciptakan. Mungkin bisnis PPC, PPP, dan lain-lain akan sangat sepi.

Meskipun blogger bukanlah satu-satunya penyedia blog gratis di dunia, namun tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas pengguna blog di dunia menggunakan blogger.


Itulah background awal mulanya Evan Williams dan mari kita bahas mengenai peluncurannya blogger dan beginilah pada perangkat publikasi blog pertama di dunia diluncurkan oleh Pyra Labs (salah satu pendirinya adalah Evan Williams) pada 23 Agustus 1999 dan diakusisi oleh Google secara resmi pada tanggal 13 Februari 2003 dengan budget ratusan milliyar. Sebelumnya (sewaktu blogger masih menjadi milik Pyra Labs), dikenakan layanan premium (berbayar) kepada penggunanya. Namun setelah berpindah tangan ke Google, layanan blogger berubah menjadi free atau gratis dan hanya dalam waktu singkat, blogger telah memiliki tiga juta-an jumlah pengguna aktif. Tahun 2004, Google memperkenalkan fitur barunya yang bernama 'picasa', yaitu sebuah layanan yang mendukung blogger untuk mengedit dan mengupload foto untuk dipublikasikan di blogger.

Pendidikan dan Karir

Williams dibesarkan di sebuah peternakan di Clarks, Nebraska, di mana ia dibantu dengan irigasi tanaman di musim panas. Dia hadir di Universitas Nebraska selama satu tahun setengah, meninggalkan untuk mengejar karirnya.

Setelah meninggalkan sekolah, Williams bekerja di pekerjaan berbagai teknologi dan start-up perusahaan-perusahaan di Key West, Dallas, Austin, Texas dan lagi di peternakan keluarganya di Nebraska. Pada tahun 1996 Williams pindah ke Sebastopol, California di Sonoma County bekerja untuk penerbitan perusahaan teknologi O'Reilly Media. Ia dimulai pada O'Reilly dalam posisi pemasaran tetapi akhirnya menjadi kontraktor independen menulis kode komputer, yang menyebabkan peluang lepas dengan perusahaan termasuk Intel dan Hewlett-Packard.

Evan Williams dan Meg Hourihan mendirikan Pyra Labs untuk membuat perangkat lunak manajemen proyek. Sebuah fitur mencatat berputar off sebagai Blogger, salah satu aplikasi web pertama untuk membuat dan mengelola weblog Williams menemukan "blogger" istilah dan berperan dalam mempopulerkan "blog" panjang. Pyra selamat kepergian Hourihan dan karyawan lainnya, dan akhirnya diakuisisi oleh Google pada tanggal 13 Februari 2003. Pada tahun 2003, Williams bernama ke MIT Technology Review TR100 sebagai salah satu dari 100 inovator terbaik di dunia di bawah usia 35.  Pada tahun 2004, ia sebagai salah satu dari PC Magazine's "Tokoh Tahun Ini", bersama dengan Hourihan dan Paul Bausch untuk pekerjaan mereka di Blogger.


Williams meninggalkan Google pada Oktober 2004 untuk bersama ditemukan Odeo, sebuah Podcasting perusahaan. Pada akhir 2006, Williams mendirikan Obvious Corp dengan Biz Stone dan Odeo mantan karyawan untuk mendapatkan semua properti sebelumnya dari mantan pendukung Odeo itu Pada bulan April 2007, Odeo diakuisisi oleh Gunung Sonic.

Di antara proyek Obvious Corp 's adalah Twitter, sebuah jejaring sosial gratis dan layanan micro-blogging. Twitter sendiri adalah berputar keluar menjadi perusahaan baru pada bulan April 2007, dengan Williams sebagai co-pendiri, anggota dewan dan investor. Pada bulan Oktober 2008, Williams menjadi CEO dari Twitter, menggantikan Jack Dorsey yang menjadi ketua dewan. Pada Februari 2009, Compete.com peringkat Twitter jaringan sosial ketiga yang paling banyak digunakan berdasarkan hitungan mereka 6 juta pengunjung bulanan yang unik dan 55 juta kunjungan bulanan. Pada 14 April 2010, Twitter telah 105.779.710 pengguna terdaftar. Ia mendapat 300.000 pengguna baru setiap hari dan menerima 180 juta pengunjung unik per bulan. 75% dari lalu lintas berasal dari luar Twitter.com. Pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams mundur dari CEO (akan diambil alih oleh Dick Costolo ).


Williams adalah seorang vegetarian. Dia tinggal di San Francisco Bay Area dengan istrinya, Sara Morishige. Bersama-sama mereka memiliki satu anak.

Itulah sejarah dari Evan Williams, saya ambil dari beberapa sumber yang ada.

Apakah Anda merasa puas dengan postingan saya ini, atau apakah merasa ada kekurangan dari postingan saya ini. Mohon saran dan pendapat dari kawan-kawan sekalian. Terima kasih .... !!!



Create By : Ronny Aziz, 2012

Ditulis Oleh : forum tkj ~ Antik Komputer Blogspot

Christian angkouw Artikel Penemu Blogger.com ini ditulis oleh forum tkj pada hari Kamis, 14 Maret 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Penemu Blogger.com dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

1 komentar:

  1. mantep banget nih orang,,,,backround ga jadi masalah,,,yang penting kerja keras dan usahanya,,,boleh di tiru nih cara kerjanya

    BalasHapus