Selasa, 08 Januari 2013

Panduan Lengkap Menggunakan Windows 8 (Bagian 5)

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Ini adalah Bagian ke-5 dari seri artikel Panduan Penggunaan Windows 8 Lengkap. Bagi anda yang belum memiliki panduannya, silahkan baca pada panduan-panduan sebelumnya.

41. Advanced menu options

Panduan Menggunakan Windows 8 

Jika Anda perlu untuk menjalankan command prompt sebagai Administrator maka reaksi spontan Anda mungkin akan meng-klik menu Start.
Microsoft telah memberikan alternatif sederhana, yaitu - klik menu File di Explorer dan klik perintah command prompt> buka prompt sebagai administrator.
Dan sementara Anda berada di sana, membuat catatan tentang pilihan lain pada menu. Anda dapat membuka jendela baru dalam proses baru, buka Explorer, dan bahkan menghapus Places terbaru Anda dan sejarah Address Bar dengan sekali klik.

42. Menampilkan semua folder

Default-nya Windows Explorer 8 tidak menunjukkan semua drive dan folder yang biasa kita kenal di windows 7 ataupun windows XP seperti Control Panel, Recycle Bin, dan sebagainya - di panel navigasi kiri. Ini tentu membuat tampilan lebih sederhana, dan jika Anda ingin melihat semua drive Anda maka Anda bisa klik Komputer, tetapi jika Anda memilih untuk melihat segala sesuatu di muka maka hanya membutuhkan waktu beberapa saat. Klik View> Options, centang 'Show all folder' dan klik OK.

43. Melihat file ISO di Windows 8

Perlu melihat lebih detail pada file ISO? Klik kanan di Explorer, klik Mount dan Anda bisa melihatnya sebagai sebuah virtual drive, membuka isi file, atau menambahkan lebih banyak jika Anda suka.

44. Membuka jenis file baru

Panduan Menggunakan Windows 8 

Jika Anda menemukan jenis file yang tidak bisa anda buka dengan aplikasi yang terinstal, klik kanan pada file di Windows Explorer dan pilih Open With. Anda akan melihat pilihan 'Look for an app in the Store' , yang memungkinkan Windows 8 untuk menggunakan alat pencarian otomatis untuk menemukan dan sorot sebuah aplikasi untuk Anda.
Anda juga dapat mengklik 'More Options' untuk melihat program yang terinstal dan aplikasi yang mungkin dapat membuka file tersebut.

45. Merestart Explorer

Jika Explorer terkunci karena alasan tertentu, maka untuk mengaktifkannya sekarang sangat mudah. Tidak perlu untuk menutup proses lagi: cukup tekan Ctrl + Alt + Esc, pilih Explorer dalam daftar, klik Restart dan Windows 8 akan menangani sisanya.

46. VirtualBox error

Panduan Menggunakan Windows 8 

Cara paling aman untuk mencoba Windows 8 adalah untuk menginstalnya pada mesin virtual yaitu VirtualBox. Ini cukup mudah untuk membuatnya, tidak perlu khawatir tentang partisi atau masalah lainnya, dan jika tidak bekerja untuk alasan apapun maka Anda tidak akan kehilangan apa-apa kecuali sedikit waktu .
Setelah menyelesaikan instalasi Anda, Anda mungkin menemukan Windows virtual 8 mengeluh bahwa "Your PC needs to be repaired". Windows memberitahu Anda untuk"Tekan Enter untuk mencoba lagi", atau Tekan F8 untuk pilihan boot alternatif",cara lainnya adalah, Tutup jendela Windows 8, pilih mesin virtual Anda di VirtualBox, klik Settings> System> Processor dan memeriksa 'Enable PAE / NX' kotak. Klik OK, restart mesin virtual Anda dan kali ini harus memulai dengan benar.

47. Aplikasi Windows 8 tidak mau diluncurkan/tidak mau berjalan

Kemarin banyak temen-temen yang menyakan hal itu, kok app windows 8 tidak bisa jalan ya, Ini solusinya. Secara khusus, Windows 8 apps saat ini tidak mendukung resolusi layar yang lebih rendah dari 1024 x 768 pixel, kalau defaulnya sih harus resolusi ini 1366 x 768 pixel. Untuk mengubah resolusi layar klik kanan desktop pilih Resolusi Layar(screen resolution). Atau jika itu tidak membantu, cobalah untuk memperbarui driver VGA Anda.

48. Permasalahan pada Kinerja windows 8

Panduan Menggunakan Windows 8 

Jika Anda Windows 8 sistem tampaknya lamban, cobalah lihat Task Manager anda, Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk melihat.
Klik 'More Details'. disana anda dapat melihat apa saja yang saat ini dijalankan, memonitor status CPU Anda, RAM, hard drive dan bandwidth jaringan. (Data lebih mendalam tersedia dalam versi Task Manager sebelumnya kini dapat diakses melalui tab Detail.)
Tab Performance memberi Anda tampilan grafis dari penggunaan sumber daya selama beberapa detik terakhir, sedangkan dialog Sejarah App terlihat kembali selama hari atau lebih untuk mengungkapkan applikasi apa yang paling menyedot resource komputer anda.

Dan ketika waktu boot Anda lambat? Klik tab Startup untuk melihat program apa saja yang berjalan ketika boot Windows. 'Startup impact' menunjukkan berapa banyak dari efek masing-masing memiliki waktu booting Anda, jika Anda melihat program yang persentasenya tinggi Anda yakin Anda tidak perlu, maka mengklik kanan saja dan pilih 'Nonaktifkan' akan memastikan program tersebut tidak dimuat untuk waktu berikutnya.
Jika Anda ingin menggunakan Task Manager yang lama seperti di windows 7 anda tinggal Tahan tombol Windows, tekan R, ketik taskmgr dan tekan Enter untuk memulai itu. (Mengetik TM akan meluncurkan versi baru.)

49. Melihat Device Manager

Jika Anda punya driver atau hardware yang sedikit bermasalah dengan Windows 8, jalankan Device Manager, browse ke perangkat yang relevan, klik kanan, pilih Properties dan klik tab Events. Jika Windows telah diinstal driver, layanan terkait atau melakukan tindakan penting lainnya pada perangkat ini maka sekarang Anda akan melihat mereka di sini, yang sangat berguna ketika troubleshooting.

50. Pilihan Recovery (pemulihan)

Untuk mengakses recovery option tahan tombol Shift + F8 untuk mengakses tool pemulihan.
Akses Troubleshoot menu, lalu Advanced Options, dan Anda akan dapat mencoba tool Repair otomatis, yang dapat memperbaiki masalah Anda. Tidak beruntung? Menu yang sama memungkinkan Anda untuk menggunakan Sistem Restore point terakhir, tweak pengaturan tombol Windows Startup, dan bahkan membuka command prompt jika Anda ingin memecahkan masalah sistem anda secara manual.

Panduan Menggunakan Windows 8

Jika itu semua tampaknya rumit dan terlalu banyak maka pilihan menu Troubleshoot untuk 'Segarkan PC Anda mungkin lebih baik, karena pada dasarnya reinstalls Windows 8 tapi terus file Anda, dan akan memperbaiki banyak masalah. Tetapi jika tidak maka ada pilihan 'Reset your PC', yang akan menghapus semua file dan menginstal salinan baru Windows 8.

Demikian Panduan Lengkap Menggunakan Windows 8. Bagi yang ingin mempelajari selengkapnya silahkan baca dari mulai Panduan windows 8 bagian 1 hingga bagian ke-5 ini.

Create By : Ronny Aziz

Ditulis Oleh : Ronny Aziz ~ Antik Komputer Blogspot

Christian angkouw Artikel Panduan Lengkap Menggunakan Windows 8 (Bagian 5) ini ditulis oleh Ronny Aziz pada hari Selasa, 08 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Panduan Lengkap Menggunakan Windows 8 (Bagian 5) dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar