Jumat, 15 Maret 2013

Pengertian TKJ

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional. Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang mendaftar pada jurusan ini. Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah letak persolan jurusan ini. Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan.

Menjadi satu kepuasan tersendiri jika jurusan ini dikembangkan berdasarkan bakat dan minat yang besar khususnya bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang benar-benar ingin memiliki ilmu yang berkaitan dengan komputer dan jaringan. Disekolah yang setara dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sudah mulai banyak yang melirik atau membuka peluang jurusan ini disebabkan karena perminataan pasar sudah mulai banyak, ada beberapa alasan utama mengapa jurusan ini diminati oleh pada siswa diantaranya :
  • Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap orang yang dimana pekerjaannya sebagian besar menggunakan teknologi informasi misalnya Komputer, Handphone, IPOD dan lain sebagainya;
  • Transaksi bisnis saat ini rata-rata sudah bergantung kepada mesin-mesin yang bekerja selama 24 jam misalnya perusahaan-perusahaan Hosting, Bank, perusahaan yang bergerak dibidang Komunikasi sekalipun;
  • Setiap hari, setiap bulan dan tahun teknologi informasi berkembang tiada henti seiring dengan perkembangan jaman khususnya dijaman digitalisasi seperti sekarang ini;
  • Peluang kerja di era kedepan sudah dipastikan manusia dapat berinteraksi dengan mesin-mesin yang bekerja secara kontinyu, dimana manusia beperan sebagai kontrol terhadap mesin-mesin tersebut;
  • Dalam kehidupan sehari-hari manusia sudah sangat bergantung kepada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi baik itu dibigan usaha, ekonomi, perbankan, perindustiran, bahkan saat ini sudah mermbah kebidang pendidikan dan lain sebagainya.
Dari semua jabaran diatas sudah terlihat sangat jelas bahwa semua kegiatan sehari-hari tidak pernah telepas dari ilmu yang diterapkan dalam jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ), sehingga menjadi peluang basar bagi lembaga-lembaga yang bergerak dibidang pendidikan sangat berkeinginan untuk mengembangkan program TKJ lebih jauh lagi. Dalam kurikulum sekolah, jurusan TKJ pada umumya masih ditemui beberapa kendala-kendala baik secara teknis maupun non teknis dimana kasus yang paling umum adalah pelaksanaan kurikulum sering tidak capai target dimana penyebab utamanya adalah tenaga (SDM) yang disiapkan oleh lembaga belum siap dan ketersediaan infrastruktur lembaga pendidikan belum memadai dimana dalam kurikulum sudah menuntut harus menyediakan fasilitas sarana dan prasarana infrastruktur yang mendukung agar dalam pelaksanaan kurikulum tidak mengalami hambatan, tetapi pada kenyataannya tidak semua lembaga pendidikan memiliki sarana dan prasarana yang memadai sehingga siswa masih belum dapat menyerap dengan baik materi-materi yang diterapkan dalam kurikulum TKJ termasuk praktek yang menjadi bagian dari kurikulum.
Berdasarkan pengalaman dalam praktek kerja industri siswa yang melakukan magang pun masih belum memiliki kemapanan dalam mengimplementasikan ilmunya dalam dunia kerja yang diakibatkan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh pelaku magang, sehingga pada pelaku industri harus bekerja keras untuk memberikan ilmu yang seluas-luasnya kepada siswa magang terkait disamping harus melaksanakan pekerjaan rutinitas perusahaan. Hal ini menjadi beban tersendiri bagi pelaku industri sebab harus memberikan kurikulum tambahan atau pelengkap dari kurikulum yang diterapkan oleh sekolah.
Salah satu solusi yang paling efektif saat ini adalah dengan jalan memberikan tambahan ilmu praktisi kepada siswa magang melalui bahan materi ajar dengan model pembelajaran jarak jauh atau e-learning yaitu dimana siswa mendapatkan bimbingan dan konsultasi langsung oleh tutor. Model e-learning sebenarnya mirim saja dengan model belajar konvensional hanya mekanisme kerjanya e-elearning menggunakan media internet sebagai peyampaian pesan atau modul ajar kepada siswanya.
Mengenai model belajar yang dimaksud materinya akan dibahas tersendiri dalam website ini dan pada prinsipnya model belajar yang diterapkan adalah model e-learning (Pembelajaran jarak jauh).

Apakah Anda merasa puas dengan postingan saya ini, atau apakah merasa ada kekurangan dari postingan saya ini. Mohon saran dan pendapat dari kawan-kawan sekalian. Terima kasih .... !!! 



 Create By : Ronny Aziz, 2012



Ditulis Oleh : forum tkj ~ Antik Komputer Blogspot

Christian angkouw Artikel Pengertian TKJ ini ditulis oleh forum tkj pada hari Jumat, 15 Maret 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Pengertian TKJ dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

10 komentar:

  1. Materi apa saja yg diberikan dalam jurusan TKJ ?

    BalasHapus
  2. farmacia on line 4x100mg - 1000 din. Still, Big Red's 4 G network. 2 scRow 2: Ch 20, sl st in next sc, fasten off. 6 scRnd 2: 2 sc in next ch, ch 1, 2, 000 years ago, said she wanted to add gender equity to the" fiscal cliff" drama playing out in Washington what.

    Also visit my website :: homepage

    BalasHapus
  3. Having read this I believed it was rather informative.
    I appreciate you taking the time and effort to put this content together.
    I once again find myself personally spending a significant amount of time both reading and leaving
    comments. But so what, it was still worthwhile!


    Feel free to surf to my blog - vertical leap exercises

    BalasHapus
  4. Helpful information. Lucky me I found your web site
    by chance, and I'm shocked why this twist of fate did not happened earlier! I bookmarked it.

    my website: Http://Twitter.Com/Barberayur

    BalasHapus
  5. Howdy! I just wish to give you a huge thumbs up for your great information you have got here on this post.
    I will be coming back to your web site for more soon.


    Here is my website ... workouts to improve vertical jump

    BalasHapus
  6. Hello! Someone in my Facebook group shared this
    site with us so I came to give it a look. I'm definitely enjoying the information. I'm book-marking and will be tweeting this to my followers!
    Outstanding blog and terrific design and style.


    Also visit my blog :: dunk a basketball

    BalasHapus
  7. I've been browsing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. Personally, if all web owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before.

    Also visit my homepage ... playboy of the western world playwright penthouses magazine lifestyle

    BalasHapus
  8. I enjoy what you guys are up too. Such clever work and coverage!
    Keep up the great works guys I've included you guys to our blogroll.

    Here is my blog post :: fat burner

    BalasHapus
  9. Hi there, yeah this piece of writing is in fact pleasant and
    I have learned lot of things from it regarding blogging.
    thanks.

    Here is my blog post fitness

    BalasHapus
  10. Great work! This is the kind of information that are supposed to be
    shared around the web. Shame on Google for no longer positioning this put
    up higher! Come on over and discuss with my web site .
    Thanks =)

    Feel free to visit my blog ... wine storage [http://diasite.byethost17.com]

    BalasHapus